Contact Form

Name

Email *

Message *

Cara Mendapatkan Banyak Followers Di Wattpad


Kali ini gua mau bagi-bagi tips supaya followers di wattpad lo insya allah tiap hari bertambah. Ini pengalaman gua sendiri. Walau pun nambahnya gak terlalu signifikan diawal, tapi lumayan nambah followers 10 nyawa tiap hari.


1. Cover yang elegan

Maksud elegan disini adalah cover yang sesuai, tidak harus nyeleneh, panas, vulgar, atau nempelin gambar ++ . Yang penting cover yang sesuai alur. Dan perlu diketahui, tidak semua orang berotak mesum. Karena, pada dasarnya cover adalah hal pertama yang dilihat pembaca.


2. Judul yang menarik tapi tidak lebay

Judul adalah hal kedua yang dilihat pembaca. Sebagai penulis, kalian harus memperhatikan apa yang dinamakan dengan judul. Menurut gua, judul yang menarik itu judul yang tidak terlalu memberatkan cerita juga judul yang tidak lebay. Salah satu contoh judul yang menarik adalah Beautiful Disaster karya Jamie McGuire.
Dan salah satu contoh judul yang memberatkan cerita adalah judul yang mengangkat nama penyakit, atau sejenisnya (Kecuali lo ahli di bidang itu) kemudian judul lebay dan menurut gua enggak banget adalah Aku tersiksa karena suamiku entah itu karya siapa, kalo ada yang judul ceritanya kayak gitu, mohon maaf gua geli ✌ .


3. Blurb sederhana
Mungkin kalian ada yang belum tau apa itu blurb. Yang kalian sebut sinopsis selama ini adalah blurb. Fyi, blurb dan sinopsis itu berbeda. Blurb adalah gambaran besar dari sebuah cerita tanpa menampilkan spoiler dari cerita tersebut. Sedangkan sinopsis adalah ringkasan cerita dari awal hingga akhir dari cerita tersebut. Dan, blurb adalah komponen terpenting ketiga setelah judul yang dilihat pembaca di Wattpad. Membuat blurb tidak harus panjang lebar yang penting sederhana tetapi membuat si pembaca penasaran. Karena, blurb bertujuan untuk menarik minat pembaca dengan tidak menuliskan kalimat- kalimat yang menjabarkan keseluruhan konflik.



4. Jalan cerita yang tidak berbelit - belit
Pada dasarnya, cerita yang bagus adalah cerita yang memiliki alur berbeda dari yang lain. Namun, alur dan tema yang pasaran pun bisa disebut bagus tergantung bagaimana kita menetapkan jalan cerita. Kemudian, cerita yang bagus juga cerita yang tidak menempatkan konflik yang tidak berkesudahan. Kalo cerita kalian kayak sinetron, dijamin deh gak bakalan ada penerbit yang mau nampung cerita lo. *wkwk*


5. Private cerita
Kalo cerita lo menarik dan banyak yang membaca, ubah privasi cerita lo menjadi Private. Hal ini membuat cerita lo gak bisa dibaca sama yang bukan followers lo. Maka dari itu, mereka pasti bakalan follow lo secara terpaksa tentunya. Tapi, untuk mengubah privasi cerita hanya bisa dilakukan di laptop/komputer.


Itu adalah 5 tips dari gua yang recomended banget buat dilakuin kalo mau followers lo tiap hari nambah. Tapi, ini hanyalah pengalaman gua sendiri. Semuanya balik lagi ke pembaca, kalo cerita lo cukup menarik buat mereka baca, pasti mereka bakal follow lo. Kalo 5 tips ini tidak berfungsi, berarti mereka gk mau baca cerita lo. *LOL* *emot evil*
terima kasih semoga dapat membantu kalian.