Contact Form

Name

Email *

Message *

Cara Mengatur VPS Azure/Google Cloud Agar Bisa Login Dengan Root Access

selamat sore sahabat blogger, sudah lumayan lama ya saya jarang update, haha maklumi, saya agak kurang semangat update soalnya, you know lah, tapi tenang saja saya akan usahain update apa yang ada di pikiran saya wkwk, nah pada kesempatan kali ini saya mau membahas bagaimana sih cara login ke root access dari VPS gratisan di Google Cloud atau Azure, kan biasanya kalau kita buat vps gratisan di Azure/Google cloud kita hanya di beri username + password atau juga lewat Key, sedangkan kita belum bisa login dengan user root, nah kali ini saya akan membahasnya.

1. Kalian login terlebih dahulu tuh ke VPS kalian
2. Terus ketikan perintah ini

#~ sudo su

ini adalah untuk kita agar bisa menggunakan root access

3. ketiga adalah kalian ubah password rootnya dengan perintah berikut

#~ sudo passwd root

silahkan masukan password sesuai keinginan kalian

4. setelah selesai mengatur password root langkah selanjutnya adalah masuk ke menu setting, ketikan perintah berikut

#~ nano /etc/ssh/sshd_config

PermitRootLogin prohibit-password
menjadi
PermitRootLogin yes

PasswordAuthentication no
menjadi
PasswordAuthentication yes
Ubah menjadi PermitRootLogin yes

Ubah menjadi PasswordAuthentication yes

5. setelah itu simpan
6. restart sshd kalian dengan perintah

#~ sudo service sshd restart

nah silahkan coba login kembali menggunakan root access sukses pastinya.

mungkin segitu saja, semoga dapat bermanfaat bagi kalian, jangan lupa mampir terus ya, terima kasih